manfaat dan bahaya kopi



hallo sobat. Jumpa lagi dengan Naima Forever Blog yang membahas seputar kesehatan dan gaya hidup.
Kali ini saya akan Membahas seputar minuman yg sangat familiar dengan kita, gk Mandang status ekonomi, semua kalangan suka minuman ini terutama cowok yg suka nongkrong gk bakal ketinggalan sama minuman ini... (Halahhh kebanyakan ngomong ya)
�)
Kita akan bahas seputar KOPI sobat...

Kandungan kopi

seperti yang kita ketahui, minuman kopi berasal dari biji kopi yang di keringkan, disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk kopi. kopi mengandung berbagai macam zat seperti air, Putrescine, Kafein, Quinic Acid dan berbagai macam lainnya. untuk kandungan lebih lengkapnya Klik Disini.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

oke sobat. sekarang kita kupas lebih tajam tentang manfaat kopi untuk kesehatan. mari menuju TKP.

  • Kopi dapat meningkatkan energi
kopi mengandung zat kafein yang dapat mempengaruhi cara kerja otakdan memberi efek rangsangan pada cara kerja otak. sehingga membuat mood kita menjadi naik setelah meminum kopi. Meningkatkan energi, kesadaran, fungsi otak dan suasana hati.dalam beberapa studi, kopi dapat meningkatkan daya tahan dan kinerja jangka pendek.

  • kopi mengandung Antioksidan tinggi
kandungan antioksidan yang tinggi dalam kopi lebih tinggi daripada kandunngan antioksidan dari buah dan sayuran. kkandungan yang tinggi membuat kopi menjadi minuman paling sehat di bumi. sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa kopi berada dalam urutan pertama sebagai sumber antoksidan utama dalam budaya pola makan orang Amerika.


  • Kopi mengurangi resiko Diabetes
Dalam sebuah riset journal of Agricultural & Food chemistry tahun 2008 menjelaskan efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi HIAPP, Polipeptida yang dapat menghasilkan serat abnormal yang biasa ditemukan pada para penderita Diabetes Type 2. dan para ahli telah membuktikan penyakit diabetes yang terjadi dapat di turunkan sebesar 50% berkat manfaat dari kopi ini.

  • Kopi dapat menghindarkan kita dari Kangker
Dalam sebuah studi menunjukkan para penikmat kopi, mereka beresiko 40% lebih rendah terkena kangker hati. tidak hanya itu, dalam studi yang lain dari Harvard School of Public Health mengatakan bahwa kopi biasa ataupun tanpa kafein dapat menurunkan resiko kangker prostat. konsumsi kopi telah dikaitkan dengan khasiatnya yang dapat menurunkan resiko kangker payudara, endrometrium, dan mereka yang terkait dengan masalah obesitas, insulin, dan estrogen.

  • Kopi dapat mengurangi resiko terkena Alzhheimer dan Dimensia
para Orang tua dan lansia yang umurnya lebih dari 65 tahun akan rentan terkena penyakit Alzheimer dan Dimensia. penyakit Alzheimer adalah penyakit penurunan fungsi saraf yang sangat umum dan penyebab umum penyakit Dimensia. beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi beresiko 65% lebih rendah dari mereka yang tidak memimum kopi.

  • Kafein dapat menurunkan resiko terkena Parkinson.
Penyakit Parkinson adalah penyakit penurunan fungsi saraf nomer 2 setelah Alzheimer. peminum kopi beresiko terkena parkinson lebih rendah rata-rata 30-60%. dalam hal ini penurunan resiko tampaknya disebabkan oleh zat Kafein.

  • Kopi bisa membuat anda berumur panjang.
Dalam sebuah penelitian, aktifitas meminum kopi dapat menurunkan resiko kematian pada pria sebesar 20% dan resiko penurunan kematian wanita 26% pada periode usia 18-24 tahun. melihat bahwa peminum kopi mempunyai peluang lebih kecil terkena berbagai macam jenis penyakit, sangat masuk akal bila mminuman ini bisa membuat umur sobat sebih panjang.

  • Kopi hitam dapat membuat gigi menjadi kuat.
kopi hitam terbukti bisa membunuh bakteri perusak gigi dan dapat mencegah gigi sobat dari lubang, Namun manfaat ini akan hilang bila anda mencampurkan gula atau krim kedalam kopi.

  • Kopi sebagai obat depresi
dalam sebuah studi yang melibatkan orang ebanyak 208.424 menunjukkan bahwa yang meminum kopi sebanyak 4 gelas per hari menyatakan bahwa mereka mempunyai peluang lebih rendah 53% melakukan bunuh diri. sedangkan dalam riset lain yang dilakukan di Harvard Univercity tahun 2011 menunjukkan wanita yang meminum kopi dapat menurunkan peluang depresi jiwa menjadi 20% lebih rendah.

sesungguhnya masih banyak lagi manfaat kopi yang lain. but untuk mempersingkat waktu, mari kita menuju bahaya kopi yang harus kita ketahui. antara lain:

Resiko para peminum kopi


selain mengandung berbagai macam manfaat tetapi kopi juga memiliki efek negatif. mari kita ulas lebih lanjut.

  • Iritasi Perut
Senyawa kafein dan kandungan asam pada biji kopi mampu mengiritasi perut dan dinding usus kecil. sehingga mengganggu kesehatan organ pencenaan. efek samping lain dari senyawa ini antara lain kram perut, diare, dan sembelit.
  • mengurangi kepadatan tulang
Mengkonsumsi kopi dapan membuat tubuh sobat kekurangan mineral. tentu saja hal ini akan berakibat buruk pada kesehatan. kepadatan mineral dalam tulang akan menurun dan akan membuat tulang menjadi lapuk.
  • Panas Dalam
Disebabkan karena kopi mengganggu kesehatan esofagus bagian bawah yang akan memunculkan asam klorida yang mampu membuat sobat panas dalam.
  • Peningkatan Detak Jantung
Meminum kopi dengan frekuensi lebih dari 2 - 3 gelas sehari dapat menimbulkan efek jantung yang berdebar-debar, pusing, insomnia dan gangguan lainnya. Hal ini disebabkankafein mempengaruhi sistem kardiovaskuler seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah tinggi
  •  Melemahkan Daya Tahan Tubuh
Mengkonsumsi kopi dapat melemahkan daya tahan tubuh, hal ini dikarenakan kafein didalam kopi dapat menyerap vitamin dan mineral yang ada didalam tubuh. minum kopi juga mengakibatkan cairan dalam tubuh jadi cepat hilang. usahakan minum dua gelas air putih setelah meminum kopi untuk mengembalikan cairan tubuh.

  • Minuman Yang Harus Dihindari Ibu Hamil.
Wanita hamil sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi ini, karena pada dasarnya mengkonsumsi 100 Mg kafein dapat mengakibatkan keguguran pada wanita hamil.

Demikian beberapa info tentang bahaya dan manfaat si minuman hitam ini. 
salam sehattt....

1 Response to "manfaat dan bahaya kopi"

  1. Kopi dalam takaran yan benar akan meningkatkan kesehatan, selain itu Manfaat kopi untuk wajah suda lama digunakan

    BalasHapus

Artikel Terpilih